BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS »

2013/03/27

RESENSI BUKU NON-FIKSI




RESENSI BUKU NON-FIKSI, PESAN INDAH AYAH BUNDA

IDENTITAS EKSTRINSIK BUKU
Judul                                             : Pesan Indah Ayah Bunda
Penulis                       : Eidelweis Almiru
Penerbit                    : Zettu
Cetakan                    : I (Kesatu), 2013
Tebal Halaman       : 200 Hlm.
Jumlah Bab                                : 33 bab
Ukuran Buku                             : 13 x 19cm
Harga Buku                                : Rp. 25.000,00

ISI POKOK BUKU:

                   Charlie Chaplin dan Ibrahim adalah dua contoh ayah yang dibahas dalam buku karya Eidelweis Almiru tersebut. Kisah-kisah nyata dari berbagai belahan dunia digabungkan menjadi satu untuk menceritakan kembali mengenai istilah pesan sejati dan kekal dari orang tua kepada anak-anaknya. Buku tersebut juga mengupas lebih lanjut mengenai peran ayah sebagai pemilik cinta yang tidak pernah nampak, dan bunda sebagai pemilik cinta yang selalu ada di sisi sang anak.

                   Ketiga puluh tiga bab, terutama bab pertama, menceritakan Charles Chaplin, sebagai seorang ayah yang telah sampai pada ajalnya. Dirinya kemudian menitipkan pesan cinta terakhir yang mengingatkan kepada anaknya betapa pentingnya itu untuk selalu bersyukur kepada Tuhan atas apa yang telah diberikan, serta untuk tidak lupa juga menyisihkan sebagian dari apa yang dimilikinya kepada orang di luar sana yang sangat membutuhkan.

                   Pada akhir bab, buku “ Pesan Indah Ayah Bunda” kemudian menceritakan kisah nyata dari Banta Berensyah, orang miskin yang kemudian menjadi kaya setelah ia mampu menemukan pesan ketabahan sang ibu. Banta Berensyah menyadari bahwa kata-kata bundanya adalah doa kuat untuk dirinya saat sang anak membutuhkannya. Dirinya kemudian juga mendalami pesan ibunya yang memiliki makna bahwa semangat dan kesabaran bisa berbuah manis dengan berkata pasrah iklhas dan dengan menerima semua keputusannya tanpa menyikapinya dengan putus asa.

Penilaian & Rekomendasi

Ayah pemilik cinta dengan pesan diamnya, sedangkan ibu pemilik cinta dengan suara lembutnya. Novel ini secara unik menarik perhatian para pembaca buku, bahkan dari judulnya yang memiliki nuansa nostalgia. Pesan Indah Ayah Bunda ini bermanfaat untuk memulihkan kembali pikiran masyarakat Indonesia yang sekarang ini lebih cenderung bersifat materialistis tanpa ada belas kasihan. Buku ini lebih lanjut dapat menginspirasi para pembaca, bahkan sampai menitikkan air mata dengan kumpulan-kumpulan kisah nyatanya yang dapat menyentuh lubuk hati setiap pembaca. Selain itu, buku ini juga ditunjang dengan sajian bahasanya yang lugas dan tak kalah menarik dari buku-buku non-fiksi lainnya.

Di balik keunggulannya, buku ini juga terdapat kekurangan didalamnya yakni, pesan yang tersirat di dalam buku ini lebih relevan untuk mereka yang beragama muslim karena terdapat nasehat- nasehat yang menuju kepada Al-Quran, seperti pesan Luqman Al Hakim kepada anaknya di dalam buku tersebut. Kata-kata di dalam buku yang cukup berat mempersempit jumlah para pembaca yang terjangkau, terutama bagi mereka yang berumur di bawah 18 tahun akan menemukan kesulitan dalam mengerti isi buku.

Di samping itu, buku “Pesan Indah Ayah Bunda” ini bermanfaat untuk memperluas perspektif para pembaca, sehingga mereka dapat menempatkan diri mereka masing- masing dalam peran ayah, ibu ataupun sebagai anak. Setiap anggota keluarga memiliki peran-perannya sendiri yang harus dipenuhi demi mencapai satu keluarga yang harmonis. Oleh karena itu, buku ini pun sangat disarankan untuk para pembaca buku, terutama bagi mereka yang muslim dan berumur 18 tahun ke atas. Dan, alangkah baiknya jika buku ini dibaca bab per bab sehingga isi yang terirat lebih dapat didalami maknanya.








0 comments: